1.Informasi : data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dandapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi datamenjadi suatu informasi == input - proses – output.Data merupakan raw material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat
relatif tergantung pada nilai gunanya bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasibagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau
sebaliknya.
2.Representasi informasi: pelambangan informasi, misalnya: representasi biner.
Kuantitas informasi: satuan ukuran informasi. Tergantung representasi. Untuk representasibiner satuannya: bit, byte, word dll.
3.Kualitas informasi: bias terhadap error, karena: kesalahan cara pengukuran danpengumpulan, kegagalan mengikuti prosedur prmrosesan, kehilangan atau data tidakterproses, kesalahan perekaman atau koreksi data, kesalahan file histori/master, kesalahanprosedur pemrosesan ketidak berfungsian sistem.
4.Umur informasi: kapan atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai/arti bagipenggunanya. Ada condition informasion (mengacu pada titik waktu tertentu) dan operatinginformation (menyatakan suatu perubahan pada suatu range waktu).
#Kualitas Informasi ; tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :
· Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias ataumenyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
· Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
· Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
#Nilai Informasi ; ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar